Riau Multi Trade

10733683_862997483718665_1304365490_n

PT Riau Multi Trade (RMT) adalah anak perusahaan dari PT Pengembangan Investasi Riau (PIR) yaitu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau. PT RMT merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan  agribisnis. Saat ini PT RMT telah memiliki satu unit Rice Processing Unit (RMU) kapasitas 1,2 ton GKG/jam  yang berada di Desa Bunga Raya – Siak dan mengoprasikan Rice Processing Complex (RPC) Kapasitas 6 Ton GKG/ jam di Desa Sepotong – Bengkalis.

PT RMT didirikan berdasarkan akte pendirian Nomor 32 Tanggal 31 Mei 2007 dihadapan Notaris H. Asman Yunus SH dan akte perubahan Nomor 02 tanggal 12 Mei 2011 dihadapan notaris Elfa Yulida, SH.

Adapun Susunan Direksi PT Riau Multi Trade Tahun 2013 sebagai berikut :


Komisaris  : Nurul Amin

Direktur  : Surya Dharma


Visi :

Penerobos Pasar Internasional Bagi Produk Lokal

Misi :

  1. Membuka akses perdagangan lokal dan internasional di Provinsi Riau
  2. Meningkatkan peluang bisnis dan perdagangan di Provinsi Riau
  3. Mengakomodir hasil-hasil produksi masyarakat untuk bersaing di pasar internasional

PT Riau Multi Trade (RMT) bergerak di bidang usaha Perdagangan Umum dengan tempat usaha sebagai berikut :

Nama Tempat : Kantor PT Riau Multi Trade

 

Nama Tempat : Kantor Div. Bunga Raya

Alamat  : Jl. Raya Siak – Sei. Pakning

RK II – Desa Bungaraya

 

Nama Tempat : Kantor Unit Pemasaran -Pekanbaru

Alamat  : Jl. Soekarno Hatta, Pekanbaru – Riau


 Struktur Bisnis

Divisi Agribisnis

  • Riau Rice

Riau Rice diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2008 bertepatan dengan 100 tahun hari Kebangkitan Nasional. Riau Rice adalah beras yang dicanangkan sebagai produk lokal yang menggunakan varitas padi  unggul yang ditanam di daerah Riau. Saat ini Riau Rice sudah didistribusikan dibeberapa kabupaten di Provinsi Riau.Varian yang digunakan Riau Rice adalah beras pulen (IR 64,  Ciherang) dan beras berderai. (IR 42, Anak Dara). Setelah 4 tahun beroprasi, saat ini Riau Rice memiliki beberapa varian yaitu RR Pulen, RR Terubuk, RR Patin, RR Kampar dan RR Bungaraya .Kedepannya Riau Rice akan mengembangkan berbagai merek yang akan menjadi ikon daerah – daerah di Provinsi Riau.

Kemitraan Riau Rice

Untuk mendukung budidaya tanaman padi PT RMT didukung oleh PT Bank Mandiri melakukan program  PKBL di kabupaten Siak.

PKBL ( Program Kemitraan Bina Lingkungan ) adalah  program kemitraan yang dilakukan oleh BUMN terhadap usaha kecil dalam rangka pemberdayaan masyarakat di daerah sekitar operasional perusahaan.

Program PKBL PT RMT dan Bank Mandiri dilakukan dengan menyalurkan Kredit Usaha Budidaya Tanaman Padi ke petani. Petani Melakukan pembayaran ke Bank Mandiri dengan cara menyetorkan hasil panen sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan.

Program PKBL PT RMT berjalan sejak tahun  2010 – 2012. Selama 2 tahun  PKBL sudah menyalurkan pinjaman ke 2000 Ha lahan sawah milik petani  padi di kabupaten Siak.

 

  • Pembibitan Sawit

Sejalan dengan  program kerja group dalam proyek  Riau Plantation Estate, pada tahun 2013 PT RMT melakukan pembibitan sawit untuk mendukung pasokan bibit bagi perkebunan sawit. Pembibitan sawit berlokasi di Kecamatan Rumbai-Pekanbaru. Adapun spesifikasi Bibit sawit yang  diperdagangkan PT RMT adalah jenis bibit Topaz.

 

Perdagangan Umum

  • Batubara

  PT RMT telah melakukan perdagangan Batubara ke perusahaan dalam provinsi  Riau dan Luar Provinsi Riau. RMT menyediakan batubara dengan spesifikasi :


Spec. : Middle up

TM : 24 Max

IM : 12% Max

VM : 40% Max

Quantity  : 10.000 MT/ bln

Size  : ROM

Tambang  : –

Prize  : –

AC  : 14% Max

TS  : 1%

GCV : 5800-6000 up


Trading Record :

  1. IKPP – Perawang Mill – Siak – Riau
  2. PT Hasrat Tata Jaya – Kampar – Riau
  3. PT Vitra Wika – Pelalawan- Riau
  4. PT Charoen Pokhpan Indonesia
  5. PT Topindo Atlas Asia
  6. PT Goodyear Indonesia
  7. PT Bintang Timbul
Translate »