Proyek

sliderp-h800t - Copy

1. PLTG 1×20 MW Teluk Lembu dan Combine Cycle 1×10 MW.

  • Pada bulan Agustus 2007 PLTG 1×20 MW dengan menggunakan turbin eks PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) resmi Commercial Operating Date (COD) beroperasi.
  • Setelah sempat tidak dapat berproduksi secara maksimal di tahun 2012 dikarenakan terbatasnya ketersediaan gas dari PT Kalila, maka mulai akhir Desember 2013 pasokan gas dari PT Kalila sudah kembali normal. Hal ini tentu saja berdampak pada produksi PLTG 1×20 MW yang kembali maksimal. Di tahun 2013, PLTG 1×20 MW menghasilkan produksi sebesar 152.001.490 kWh, meningkat  94% dibandingkan tahun 2012 yang hanya menghasilkan produksi  9.023.419 kWh.
  • Commercial Operating Date (COD) proyek Combine Cycle 1×10 MW telah dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2013, mundur dari target yang telah ditetapkan dalam kontrak yaitu tanggal 28 Februari 2013. Hal ini diantaranya disebabkan oleh adanya beberapa pekerjaan tambahan yang harus dilakukan dan juga menunggu proses sertifikasi layak operasi dari PLN Jaser.
  • Selama enam bulan berproduksi ditahun 2013, Combine Cycle 1×10 MW menghasilkan produksi sebesar  19.767.698,92 kWh. Produksi tersebut belum maksimal dibandingkan produksi rata-rata selama enam bulan yang harus dicapai sesuai kontrak yaitu sebesar 26.280.000 kWh. Hal ini disebabkan karena masih terjadinya permasalahan pada beberapa equipment boiler dan equipment turbin.

Picture1

2. Proyek PLTU Siak 2×3,5 MW Siak

  • Progres project sudah 70% dan direncanakan akan Commercial Operation date (COD) pada 2016 proyek ini mempunyai beberapa kendala dilapangan yaitu :
  • Belum adanya kesepakatan jual beli listrik dengan PLN atau kawasan industri.
  • Secara teknis EPC proyek yaitu PT ZUG Industry mengalami beberapa kendala teknis seperti adanya boiler yang rusak, pengecekan turbine dan lain-lain.

Picture2

3. Trading Gas Sebesar 7 mmbtu.

PT PIR mendapatkan alokasi gas sebesar 7 mmbtu dari JOB Pertamina Talisman Jambi Merang (JOBPTJM) pada tanggal 10 November 2012 (gas on stream/mengalir). Dalam Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara JOB PTJM – PT PIR dijelaskan bahwa pada tanggal 10 November 2012 dialirkan gas 7 mmbtu untuk industri di Riau, yang saat ini sudah dijual kepada PT IKPP di Perawang dengan skema PT PIR menjual kepada PT Taruko Energi (TE) sebagai pembackup financial SBLC PT PIR ke JOBPTJM, PT TE menjual ke PT Gagas yang merupakan anak perusahaan PT PGN pemilik piping gas ke PT IKPP.


Picture3

4. Batubara

Bekerjasama dengan PT Sumatera Bumi Perkasa (SBP), PT PIR sudah mulai melakukan produksi batubara di wilayah IUP Desa Pematang Benteng, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau pada bulan Oktober 2015. Target produksi 20.000 Metrik Ton perbulan, dan saat ini di supply kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper  (RAPP) April Group.


Picture4

5. Beras Riau

Saat ini melalui anak perusahaan PT Riau Multi Trade dengan produk local Riau Rice (RR) diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2008 bertepatan dengan 100 tahun hari Kebangkitan Nasional. Riau Rice adalah beras yang dicanangkan sebagai produk lokal yang menggunakan varitas padi unggul yang ditanam di daerah Riau.

Saat ini Riau Rice sudah didistribusikan dibeberapa kabupaten di Provinsi Riau. Varian yang digunakan Riau Rice adalah beras pulen (IR 64, Ciherang) dan beras berderai. (IR 42, Anak Dara). Setelah 4 tahun beroperasi, saat ini Riau Rice memiliki beberapa varian yaitu RR Pulen, RR Terubuk, RR Patin, RR Kampar dan RR Bungaraya. Kedepannya Riau Rice akan mengembangkan berbagai merek yang akan menjadi ikon daerah – daerah di Provinsi Riau.

Untuk mendukung budidaya tanaman padi PT RMT didukung oleh PT Bank Mandiri melakukan program PKBL di kabupaten Siak.

PKBL ( Program Kemitraan Bina Lingkungan ) adalah program kemitraan yang dilakukan oleh BUMN terhadap usaha kecil dalam rangka pemberdayaan masyarakat di daerah sekitar operasional perusahaan.

Program PKBL PT RMT dan Bank Mandiri dilakukan dengan menyalurkan Kredit Usaha Budidaya Tanaman Padi ke petani. Petani Melakukan pembayaran ke Bank Mandiri dengan cara menyetorkan hasil panen sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan.

Program PKBL PT RMT berjalan sejak tahun 2010 – 2012. Selama 2 tahun PKBL sudah menyalurkan pinjaman ke 2000 Ha lahan sawah milik petani padi di kabupaten Siak.

 

Translate »