Pengolahan Limbah B3

Sumatera Environmental Management (SEM) adalah perusahaan Joint Venture antara PT Nuovito Asia Holdings (NAH) yaitu merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan PT Pengembangan Investasi Riau (PIR/RIC) yang berupa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau.

Didirikan pada tanggal 14 Juli 2016, dan telah mempunyai Izin Investasi untuk bidang Pengelolaan dan Pembuangan Sampah Berbahaya.

Dalam Pengelolaan limbah (sampah) berbahaya di Indonesia kami bekerja sama dengan perusahaan berskala International dengan teknologi yang telah teruji berhasil mengatasi limbah B3 akibat terkontaminasi tumpahan minyak dan permasalahan limbah lainnya.

Tujuan dari kegiatan kami adalah membantu menghilangkan ancaman yang berkelanjutan untuk kepentingan manusia dan lingkungan.

Tujuan

  • Mempersiapkan teknologi pengolahan terbaik untuk penilaian, perbaikan dan remediasi kolam limbah.
  • Memperbaiki atau menggunakan kembali cairan hidrokarbon yang ada, pengelolaan dan pembuangan limbah cair dan padat yang tidak dapat didaur ulang, dan pembersihan tanah dan air tanah tercemar minyak bumi.
  • Menghilangkan senyawa-senyawa beracun yang ada, mengembalikan kualitas tanah dan air tanah, serta mengurangi risiko kesehatan pada manusia dan lingkungan.

Proses Reklamasi dan Pemurnian

Kombinasi dari proses mekanik dan teknologi Biokimia membersihkan seluruh kontaminasi minyak dari pasir dan tanah terkontaminasi. Proses mekanik memangkas kontaminan melalui pemotongan, pasir atau tanah menampilkan permukaan partikel terkontaminasi untuk bahan kimia yang melapisinya.

Pemulihan menggunakan senyawa non-toxic, senyawa ionic biodegradable yang melemahkan ikatan minyak dan kontaminan lainnya pada partikel dan memindahkan kontaminan dengan sendirinya kepermukaan partikel. Minyak dan kontaminan lainnya bebas untuk di kumpulkan atau di remediasi.

Air yang tersisa dan bahan kimia yang telah dipisahkan dari partikel yang terkontaminasi akan didaur ulang kedalam proses pemulihan.

Proses dilakukan secara tertutup untuk mengurangi jumlah pencemaran air dan buangan lainnya, tidak menghasilkan apapun pada setiap aliran tailing.

Partikel yang bersih merupakan hasil akhir dari proses ini yang diperoleh tanpa menciptakan emisi volatil atau penggunaan pelarut.

Ini adalah proses dengan biaya energy dan air yang efektif dan efisien dengan hasil yang tinggi dan biaya perawatan yang rendah. Dapat melakukan remediasi sebanyak 70 ton dalam 1 jam.

Sistem Pemulihan dan Remediasi Tanah Terkontaminasi Minyak

  • Kombinasi Teknologi Mekanik dan Biokimia untuk Remediasi tanah/pasir/tanah liat (clay) terkontaminasi Minyak Bumi (Crude Oil Contaminated Soil)
  • Minotaur Oil Sand Remediation Machine (MOSR) merupakan teknologi yang mampu memisahkan Minyak (Oil) dan Tanah terkontaminasi hydrocarbon.
  • 100% ramah lingkungan, tanpa pelarut dan tidak menghasilkan emisi, senyawa biokimia non-toxic, biodegradable. Hasil TPH< 1% .
  • Biaya, Energy Efisien, dan proses efektif.

Judul Aliran Aliran Komponen Aliran Deskripsi Proses
Initial Process Flow 101 P101 F101 Water Air proses daur ulang dipompa melalui pompa sentrifugal menuju Feed Hopper (F101) untuk menyediakan aliran pada VSE (vacuum shearing eductor)
Process Feed 102 F101 Cuttings Drill Cuttings dimuat kedalam feed hopper (F101) dan ditarik kedalam aliran proses melalui VSE
Hydrocarbon Separation 103 VSE H101 Water and Cuttings Pemisahan primer hydrokarbon dari substrat terjadi didalam Eductor/ diffuser. Paparan substrat padat pada proses kimia #1 (dalam larutan) mengurangi afinitas hydrokarbon dan menghambat interaksi selanjutnya. Setiap substrat/hydrokarbon menerima paparan tambahan didalam Hydrocyclone (H101) dan proses kimia #1 terjadi pada permukaan substrat.  100% paparan dicapai sebelum memasuki tanki proses #1 (PT101)
Judul Aliran Aliran Komponen Aliran Deskripsi Proses
Process Seperation Flow 104 PT101

PT102

PT103

PT104

Water Hydroc’s and solids Melalui rekombinasi/rekontaminasi pemisahan fisik hidrokarbon dari padatan dilakukan melalui presipitasi dan sedimentasi melalui tanki proses PT101, PT102, dan PT103. Pencampuran hydrokarbon, melalui flotasi kedalam tanki proses PT104 kemudian keluar pada sistem unit pengolahan cairan.
Cuttings Removal 105a

105b

105c

VSEs Water and solids Endapan “cuttings and solid” secara periodik dikeluarkan dari tanki proses #1, #2, dan #3 melalui vacuum eductor yang terletak di dasar masing-masing tanki. Campuran padatan dan air proses dipindahkan ke Shale Shaker untuk pemisahan padatan dari aliran proses. Padatan pada tanki proses PT101 dikeluarkan ke D101, dan gabungan material dari PT102 dan PT103 dipindahkan ke D102.
Judul Aliran Aliran Komponen Aliran Deskripsi Proses
Cuttings Processing 106a

106b

D101

D102

C102 Solids Kelebihan air akan dihilangkan dari potongan dan padatan melalui shale shaker (D101 dan D102). Padatan disiram kembali dan dipindahkan ke “cutting box” sementara dimana proses pengolahan kimia #2 tercapai. Kontaminasi hydrokarbon yang tersisa (dari air proses) dihilangkan.
Recovered Water 107 D101

D102

PT101

PT102

Water Kelebihan air pada limbah padat dihilangkan dan dikembalikan ke dalam sistem pada tanki proses yang sesuai
Motive Flow for Solids Removal 108 P102 I101 Water Air proses dihilangkan dari tangki proses #4 dan didaur ulang melalui pompa sentrifugal (P102). Aliran ini memberikan dorongan Vacuum Shearing eductors (VSE) pada tanki proses PT101, 102, dan 103. aliran sisa dikembalikan ke unit ionisasi (I101) dan kembali ke aliran proses PT101.
Translate »