Gubernur Riau, Syamsuar, sukses menerima penghargaan Top Pembina  Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun 2021, dari Pemerintah pusat, setelah berhasil membina 5 BUMD Riau, yang juga mendapatkan TOP BUMD, diantaranya, PT. Pengembangan Investasi Riau menjadi Top BUMD 2021 dengan menyandang bintang 4.

PT Pengembangan Investasi Riau (PIR) yang juga mendapatkan bintang 4, PT Sarana Pembangunan Riau (SPR), PT Jaminan Perkreditan Rakyat (Jamkrida), dan PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER). Kelima BUMD ini juga dinilai telah berhasil menjalankan BUMD dengan baik, dan memberikan kontribusi bagi Pemerintah dan peningkatan perekonomian.

Komisaris PT PIR, Jonli, yang juga ikut mendampingi Gubernur Riau, saat menerima penghargaan mengatakan, Gubernur Riau, Syamsuar, menjadi Top Pembina BUMD, dan PT PIR masuk dalam satu penerima penghargaan setelah melalui penilaian yang cukup ketat, dari tim penilai, baik dari Kemendagri maupun dari BUMN.

“Alhamdulillah kita mendapatkan Top BUMD untuk kategori Bumd aneka industri, penghargaan sudah kita terima. Dan pak Gubernur juga mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD, dimana lima BUMD kita mendapatkan penghargaan, PT PIR, BRK, Jamkrida, PER, dan SPR,” ujar Jonli, Sabtu (11/9).

Dijelaskan Jonli, adapun prioritas kreteria penghargaaan Top BUMD lebih pada orientasi invoasi, dan inisiatif pemberdayaan masyarakat melaui kontribusi BUMD dalam membangunan daerah. Dan Top BUMD menilai bahwa kepala daerah dan manajemen BUMD, telah berhasil dalam berinovasi serta berkolaborasi dalam mengembangkan BUMD.

“Kategori penghargaan yang diterima berbeda, jadi Gubernur dapat pembina terbaik BUMD. BUMD berasa dibawah pembinaan Mendagri, penilaian dilihat perkembangannya dan manajarialnya, dan usahanya inovasinya. Semuanya ada penilaian khusus, yang diusulkan dulu pada bulan Februari lalu, banyak tahapannya, dan kita di PT PIR berhasil meraih penghargaan top BUMD dengan bintang 4,” kata Jonli, yang juga Kadisnakertrans Riau ini.

Untuk diketahui, Top BUMD award sendiri merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan BUMD yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Ketua tim penilaian Top BUMD Award 2021 Prof. Dr. Djohermansyah Johan, yang mantan Pj Gubernur Riau. Penilaian yang dilakukan secara objektif, independen melalui sesi presentasi dan penjurian  yang ketat maka ditetapkan top pembina BUMD award 2021